5 Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Terbaik

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus – Kita pasti sudah mengetahui bahwa Indonesia masuk dalam daftar negara dengan bahasa terbanyak di Dunia. Dengan jumlah bahasa daerah yang mencapai 718 bahasa ditambah dengan bahasa Indonesia itu sendiri sebagai bahasa nasionalnya.

Salah satu bahasa yang cukup banyak penggunanya adalah bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan penduduk jawa yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan penduduk pulau lainnya. Dalam bahasa Jawa juga dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan Unggah Ungguh Boso Jowo (Tata Krama Bahasa Jawa) atau berdasarkan penggunaan kepada siapa kita bicara.

Pembagian kelas bahasa jawa itu ialah: bahasa Jawa Ngoko, yang biasa digunakan dalam dialog sebaya atau dengan orang yang lebih muda. Misal dengan teman, bapak dengan anak, atau guru kepada murid.

Selanjutnya ada bahasa Jawa Madya yang biasa digunakan dalam dialog sehari hari di dalam lingkup masyarakat desa. Jawa Madya sendiri campuran antara bahasa Jawa Ngoko dan Jawa Krama.

Sedangkan bahasa Jawa Krama adalah bahasa jawa dalam tingkat yang di atas Ngoko dan Madya. Bahasa Jawa Krama ini digunakan untuk komunikasi dengan orang yang lebih tua atau yang dihormati (meski usianya lebih muda).

Untuk penggunaan bahasa jawa Ngoko dan Madya sudah seringkali dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat jawa. Namun untuk penggunaan bahasa Krama saat ini mulai sedikit luntur. Hal ini karena terjadinya pergeseran budaya hingga moralitas. Bahkan kepada orang yang lebih tua banyak yang menggunakan bahasa Madya bahkan Ngoko.

Untuk yang ingin belajar bahasa krama saat ini tidaklah susah. Sudah banyak aplikasi penunjang yang akan membantu belajar bahasa Krama. Semisal aplikasi translator dari indonesia ke jawa krama alus, atau dari ngoko ke krama alus.

BACA JUGA:  My Solar Power APK Penghasil Uang

Aplikasi Translator Bahasa Jawa Krama Alus

Berikut ini adalah aplikasi translate bahasa jawa krama alus terbaik. Dengan aplikasi ini maka akan semakin mudah dalam berbahasa jawa yang sesuai tata krama (unggah-ungguh) budaya Jawa.

1. Translator Jawa

Translator Jawa

Aplikasi pertama bernama Translator Jawa. Aplikasi translator yang dipublikasi oleh developer Mongosilakan ini membawa fitur yang cukup bagus dan berguna untuk belajar bahasa jawa, khususnya Basa Jawa Krama Alus.

Beberapa fiturnya adalah translasi kalimat dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Jawa dengan pilihan bahasa Jawa Ngoko, Krama, dan Krama Inggil (Krama Alus). Berlaku juga untuk sebaliknya yaitu dari bahasa Jawa menjadi bahasa Indonesia.

Selain fitur translate kalimat langsung, pada aplikasi ini juga terdapat pencarian kata semacam kamus yang berisi ratusan bahkan ribuan kata dalam bahasa Jawa yang bisa memperkaya perbendaharaan kata Jawa kita.

Sayangnya aplikasi ini tidak dapat dioperasikan secara luring (offline) karena mesti tersambung dengan server yang menyimpan kata-kata dan algoritma bahasa jawa. Sehingga dibutuhkan koneksi data untuk dapat menggunakannya. Selain itu aplikasi ini juga tersedia web based dengan alamat domain mongosilakan.net.

2. Kamus Bahasa Jawa Krama Inggil Lengkap Offline

Kamus Bahasa Jawa Krama Inggil Lengkap Offline

Aplikasi selanjutnya dipublikasikan oleh Hayam Development. Aplikasi ini memiliki nama yang panjang tapi to-the-point yakni Kamus Bahasa Jawa Krama Inggil Lengkap Offline. Dari namanya kita bisa mengetahui fitur utama dari aplikasi ini.

Benar, aplikasi ini memiliki fitur utama sebagai kamus Indonesia-Jawa. Kamus ini menyediakan 3 tingkat bahasa jawa sekaligus. Yaitu Ngoko, Krama Madya, dan Krama Inggil.

Selayaknya kamus Bahasa Inggris atau sejenisnya, aplikasi ini berisi ribuan kosa kata yang disusun rapi berdasarkan abjad dari Jawa Ngoko, Krama Madya, Krama Alus, dan Bahasa Indonesia di kolom terakhir.

BACA JUGA:  Updana com Penghasil Uang Tercepat 2021 Apakah Aman?

Meski memuat ribuan kata, aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup kecil sekitar 2 sampai 3 MB saja. Bahkan juga dapat dijalankan secara offline langsung dari HP. Juga terdapat fitur pencarian yang akan memudahkan dalam mencari kata yang diinginkan.

3. Kamus Bahasa Jawa Online

Kamus Bahasa Jawa Online

Aplikasi selanjutnya adalah Kamus Bahasa Jawa Online yang diluncurkan oleh developer Ibnustagnz App di toko aplikasi Google Play Store. Aplikasi merupakan aplikasi translator yang didesain untuk mengkonversi bahasa Indonesia menjadi bahasa Jawa Krama alus.

Di dalam aplikasi ini terdapat 4 pilihan tujuan bahasa krama, yakni Jawa Krama, Kramantara, Wredha-Krama, dan Krama Pasar. Dengan lebih dari 6000 kata di database akan mempermudah mengubah kalimat dari Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Jawa halus.

Sesuai namanya, aplikasi ini bersifat online. Meski demikian konsumsi data yang dimakan oleh aplikasi ini cukup hemat. Aplikasi yang baik ini berukuran hanya 9 MB saja.

4. Pepak Basa Jawa

Pepak Basa Jawa

Aplikasi selanjutnya adalah Pepak Basa Jawa, merupakan bentuk digital dari buku pepak atau kamus bahasa jawa. Bedanya dengan aplikasi lainnya adalah, pada pepak ini lebih lengkap lagi. Bukan hanya tentang tata bahasa saja, dalam Pepak Basa Jawa juga akan ditemukan istilah-istilah lain yang berkaitan dengan bahasa dan kebudayaan jawa. Bisa dibilang ini adalah ensiklopedianya bahasa jawa.

Terdapat beberapa bab dalam Pepak bahasa jawa. Mulai dari PARAMASASTRA yang berisi jenis-jenis kata. Terus juga ada bab RUPA RUPA KAWRUH, berisi pengetahuan dasar bahasa jawa, mulai dari nama hewan, nama anak hewan, senjata hewan, nama buah, nama daun dan lain sebagainya. Bahkan hingga KESUSASTRAAN yang berisi sastra-sastra bahasa jawa, seperti paribasan (peribahasa), parikan (pantun), hingga lagu.

BACA JUGA:  Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Untuk bab yang memuat perbahasaan ada pada bab KAWRUH BASA (pengetahuan bahasa). Tepatnya pada sub-bab B. Tembung Ngoko, Krama Madya, Krama Inggil. Meski lengkap sekali, aplikasi ini bisa digunakan secara offline serta ukurannya yang kecil hanya sekitar 3 MB saja.

Aplikasi ini menjadi aplikasi wajib untuk belajar bahasa jawa secara mendalam.

5. Google Translate

Aplikasi besutan Google ini telah dikantongi 100 lebih bahasa di dunia. Meski rata-rata menggunakan bahasa nasional suatu negara, namun ada beberapa bahasa daerah yang sudah didukung oleh aplikasi cerdas milik google ini. Bahasa daerah lokal Indonesia seperti Jawa (Javanese) dan Sunda (Sundanese) juga sudah didukung.

Aplikasi ini cukup keren dengan kecerdasan buatan yang ditanam di baliknya. Dengan teknologi terkini, Google dapat mengerti suatu kalimat meski terdapat kesalahan eja atau ketikan dengan memberikan kalimat yang benar di bawahnya. Bukan hanya berupa kata atau kalimat, Google dapat menerjemahkan parafrase berupa paragraf-paragraf dengan jumlah karakter maksimal 5000 karakter (spasi termasuk).

Meski demikian, Google sudah cukup baik digunakan untuk menerjemahkan kata ke dalam bahasa Jawa. Namun, sayangnya kita tidak memilih hasilnya apakah dijadikan Jawa Ngoko, Madya, atau Krama halus. Namun setidaknya sudah cukup bagus dengan fitur-fitur yang tidak dimiliki aplikasi lainnya.

Dalam keadaan online ia mampu menerjemahkan ke dalam 103 bahasa, sedangkan kondisi offline ia masih mampu menerjemahkan 60 bahasa. Aplikasi dari Translate sudah tertanam otomatis di operasi sistem Android, namun juga tersedia versi web beralamat di translate.google.com

Penutup

Demikianlah artikel dari SenjaNesia mengenai 5 Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus Terbaik yang bisa digunakan untuk belajar menguasai kosa kata. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.