Cara Cek HP Disadap Anti Ribet

Cara Cek HP Disadap

Anda curiga kalau HP anda sedang di sadap? Nah, kini anda berapa pada posisi yang tepat. Berikut cara cek HP disadap anti ribet.

Jaman sekarang teknologi semakin canggih saja. Banyak teknologi-teknologi yang berkembang baik dalam hal yang positif maupun negatif.

Salah satu tindakan negatif yang terjadi saat ini yaitu, penyadapan HP seseorang. Tindakan penyadapan ini dinilai sangat merugikan pemiliknya dan merupakan tindakan kriminal yang tidak bertanggung jawab.

Penyadapan ini dilakukan oleh oknum-oknum yang ingin mencari dan mencuri data seseorang untuk dijadikan kepentingan pribadinya yang dapat merugikan orang tersebut.

Biasanya para oknum melakukan pemalsuan identifikasi data diri dan mengatasnamakan Cyber Crime seperti operator jaringan.

Telah banyak kejadian yang tidak menyenangkan oleh masyarakat, seperti data mereka terdaftar di pinjaman online. Namun, mereka tidak merasa meminjam sepersenpun kepada pihak pinjaman online ini.

Dan ternyata hal ini lah yang dilakukan oleh pihak yang tak bertanggung jawab untuk dapat meminjam di pinjol dengan identitas orang lain.

Untuk menghindari penyadapan terjadi di HP anda sebaiknya anda lalukan pengecekkan HP anda agar anda tau bahwa HP anda aman dari tindakan yang tak terpuji ini.

Dalam era digital saat ini, tindakan apa saja dilakukan oleh oknum yang ingin mencari keuntungan dari orang lain.

Tak hanya oknum tak bertanggung jawab saja, namun biasanya HP juga disadap oleh orang terdekat seperti keluarga, pacar atau teman untuk mengetahui informasi privasi anda yang mereka tidak ketahui.

Maka pentingnya anda mengenal ciri-ciri HP disadap hingga cara pengecekkan HP disadap atau tidak.

Berikut penjelasan mengenai ciri-ciri dan cara pengecekkannya untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kepada anda.

Apa Ciri-ciri HP Di Sadap?

Sebelum membahas cara cek HP yang disadap anda juga harus tau nih ciri-ciri HP yang disadap seperti apa agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun ciri-ciri yang dapat anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Baterai HP Cepat Habis

Ciri-ciri HP sedang disadap yaitu baterai HP boros atau cepat habis meski jarang digunakan. Hal ini karena HP anda sedang digunakan orang lain atau orang yang menyadap HP anda.

Baca Juga: Cara Menjual NFT di Opensea

Hal ini lah yang mengakibatkan HP cepat kehabisan baterai meski jarang digunakan. Selain baterai terkuras lebih cepat, biasanya HP juga akan terasa panas sendiri meski tak di gunakan.

Ini disebabkan orang lain sedang menggali informasi yang ada di HP anda sedang berlangsung.

2. Masalah Pada Data mobile

Biasanya penyadap melakukan pengiriman informasi ke sumber luar sehingga menghabiskan sumber data.

Semakin banyaknya data yang digunakan, perangkat anda memiliki kinerja yang semakin lambat dan biasanya terdapat malware yang akan mengakses root ke ponsel dan menipu anda unduh mengunduh pembaruan sistem baru.

3. Pesan Atau Chat Sudah Terbaca

Pesan atau chat yang masuk ke HP anda dan belum anda sempat baca tetapi sudah dilihat dan terbaca biasanya itu ulah penyadap.

Meskipun anda merasa belum membaca pesan tersebut, tetap pesan sudah terbuka dan terbaca itu bisa dipastikan bahwa HP anda sedang disadap.

4. Kuota Cepat Habis

Kuota anda akan cepat habis dengan sendirinya. Hal ini juga dusebabkan HP anda sedang disadap.

Meski anda baru membeli voucer kuota, tetapi kuota selalu saja cepat habis dan anda jarang menggunakannya. Sudah dipastikan HP sedang disadap dan pengguna sedang menjalankan ponsel anda menggunakan kuota.

5. Aplikasi Terinstall Sendiri

Ciri-ciri lainnya saat ponsel anda sedang disadap yaitu, munculnya aplikasi baru dan tak dikenal yang dimana anda tidak pernah mengunduh aplikasi tersebut.

Biasanya aplikasi yang terinstall sendiri ini adalah ulah dari penyadap smartphone, mereka sengaja menginstall aplikasi tersebut dan dijalankan di ponsel anda untuk mengetahui kegiatan dan merekam apa saja yang anda lakukan.

Sebaiknya anda langsung hapus aplikasi tersebut darfi perangkat ponsel anda.

Untuk dapat mengatasi penyadapan berlansung, anda perlu melakukan cara-cara berikut agar penyadapan terhenti.

Cara Menghentikan HP disadap

Ketika ponsel memang pasti disadap, anda harus tau cara mengatasinya dan harus cepat diatasi agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Berikut beberapa cara yang efektif dan anti ribet yang dapat anda coba di HP anda yang terkena sadap.

Cara Menghentikan dengan Kode *#21# dan *#62#

Ada beberapa kode rahasia yang dapat anda lakukan untuk menghentikan penyadapan ini.

Anda dapat lalukan cara menghentikan HP disadap jarak jauh dengan kode *#21# dan *#62# untuk mengehentikan kegiatan penyadapan yang terjadi di ponsel anda.

Baca Juga: Cara Mengecek Kuota Smartfren Terbaru 2022

Kode rahasia *#62# dapat juga untuk verifikasi nomor pengalihan atau call Forwarding.

Selain kedua kode rahasia tersebut, anda juga dapat cek dengan menggunakan kode *#06# atau *#61#. Kode ini juga dapat melakukan pelacakan atau pemeriksaan nomor panggilan tak terjawab.

Kode Cek HP disadap #002#

Kode rahasia ##002## atau #002# ini memiliki fungsi utama untuk mematikan semua bentuk pengalihan HP dan mampu menghentikan proses kegiatan penyadapan yang dilakukan orang lain.

Penggunaan VPN Pada HP

Siapa disini yang menggunakan aplikasi VPN? Nah, anda yang menggunakan aplikasi VPN ini harus berhati-hati dalam penggunaannya.

VPn dapat mengenkripsi jaringan internet, sehingga mampu memperbesar kemungkinan penyadap bisa melakukan sadap di HP anda.

Biasanya penggunaan VPN digunakan untuk jaringan WiFi umum jika digunakan dengan baik dan benar. Namun, jika anda tidak teliti dalam menggunakan anda akan terjerumus kedalam hal yang tidak diinginkan.

Gunakan Factory Reset

Factory reset akan menghapus data-dta yang ada di HP seperti Foto, Dokumen dan Video.

Selain data-data tersebut, factory reset ini juga berfungsi untuk membantu membersihkan aplikasi berbahaya yang terpasang pada ponsel anda.

Factory reset sama halnya dengan bentuk baru, sistem ponsel anda akan seperti baru atau seperti pertama kali and membeli ponsel di konter.

Semua dapat anda akan terhapus dari perangkat, sehingga sebelum factory reset sebaiknya anda melakukan backup data-data penting terlebih dahulu.

Cara ini dirasa sangat membantu, mengingat kecanggihan cara penyadapan yang dilakukan dengan jarak jauh.

Hubungi Call Center Operator

Untuk mengatasi masalah sadap HP ini, anda dapat menghubungi Call Center Operator. Namun, sebaiknya anda pastikan dengan benar bahwa HP anda benar-benar disadap atau tidak.

Saat anda menghubungi Call Center Operator, sebaiknya pastikan benar-benar apakah itu benar Call Center Operator atau tidak.

Mengingat banyaknya kejahatan diluar sana yang memakai identitas seseorang bahkan identitas operator juga bisa digunakan.

Baca Juga: Cara Mengganti Password WiFi

Akhir Kata

Pentingnya menjadi informasi data pribadi dari orang yang tidak bertanggung jawab, maka terapkanlah cara-cara diatas untuk mengecek HP Anda dari disadap orang lain.

Semoga pembahasan di atas dapat membantu anda dalam melihat apakah HP anda sedang disadap atau tidak.

Sekian artikel tentang cara cek HP disadap dengan mudah dan cepat. Terimakasih telah berkunjung di situs kami SenjaNesia.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.