Cara Download Foto Dari Google

Cara Download Foto Dari Google

Cara Download Foto Dari Google – Sekarang ini teknologi semakin berkembang dan canggih yang mana dapat membantu memudahkan manusia dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Salah satu kemajuan teknologi yang begitu terasa yaitu hadirnya internet.

Ketika kita ingin melakukan pencarian terkait suatu hal, maka dengan mudah cukup membuka browser. Nantinya semua informasi yang ingin kamu dapatkan muncul lengkap dan detail mulai dari bacaan hingga gambar. Terdapat browser yang memang sudah tidak asing lagi bagi para warganet karena kemudahan akses dan lengkapnya ketersediaan informasi, yaitu Google.

Semua informasi bisa kamu dapatkan cukup dengan menuliskan kata kunci pada kolom pencarian yang tersedia. Seperti misalnya melihat gambar terkait informasi yang sedang kamu cari tersebut. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendownload gambar ke HP atau laptop secara gratis hanya cukup dengan sekali klik.

Namun, mungkin tidak semua orang tahu bagaimana cara menyimpan foto atau download gambar dari Google. Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk download gambar dari Google. Daripada semakin penasaran, simak ulasan mengenai tutorial mudah mengunduh gambar Google berikut ini.

Beberapa Cara Download Foto Dari Google Termudah Untuk Semua Kalangan

Mungkin sebagian orang mengira bahwa mendownload sebuah gambar yang berasal dari Google itu susah. Ada juga yang malas download foto atau gambar Google karena ribet dan perlu aplikasi tambahan. Pada kenyataannya, semua asumsi seperti itu salah karena sebenarnya sangatlah mudah ketika kita ingin download gambar Google.

Baca Juga: Cara Download Ebook Gratis

Bahkan kamu tidak perlu menyiapkan atau menggunakan aplikasi tambahan untuk dapat mengunduh gambar yang terdapat pada Google. Hanya saja kamu perlu memperhatikan beberapa langkah mudah yang admin berikan berikut ini.

Cara Download Gambar Google Melalui HP

Umumnya, saat ini setiap orang melakukan berbagai kegiatan dengan menggunakan bantuan perangkat HP. Hal ini karena faktor kemudahan dan simpel dalam penggunannya yang bisa dibawa kemanapun tanpa ribet.

Bahkan sekarang HP mungkin bukan lagi sebagai kebutuhan sekunder atau tersier, justru sudah meningkat menjadi kebutuhan primer tiap orang. Berbagai macam rutinitas biasanya menggunakan bantuan HP, salah satunya adalah ketika akan mngunduh gambar Google. Berikut ini cara mudah download gambar dari Google yang biasa orang lakukan.

  • Pertama pastikan terlebih dahulu bahwa browser Google sudah terinstall pada HP mu. Kemudian jika sudah terinstall, maka langsung saja buka browser tersebut untuk mulai mengawali proses download gambar.
  • Selanjutnya adalah menuliskan kata kunci atau keywords yang ingin kamu download pada kolom pencarian. Seperti misalnya admin ingin mencari logo klub sepak bola kesayangan “Manchester United”, maka tuliskan kata kunci tersebut.
  • Nantinya Google akan menampilkan hasil terkait yang menunjukkan kata kunci tadi.
  • Pilihlah bagian menu pencarian gambar untuk menampilkan semua gambar atau foto yang sesuai dengan kata kunci.
  • Karena banyak gambar yang muncul, mungkin justru membuatmu kebingungan dalam memilihnya. Kalau boleh admin beri saran, pilihlah gambar yang paling menarik dan sesuai keinginanmu. Pastikan juga bahwa gambar yang kamu pilih tersebut tidak memiliki hak cipta.
  • Pada gambar tersebut, klik dan tahan selama beberapa saat hingga muncul kotak pilihan menu.
  • Pilihlah menu yang menampilkan tulisan “Download gambar” untuk segera memulai proses download.
  • Tunggu beberapa saat dan gambar yang kamu pilih tersebut sudah berhasil mendarat pada internal memori penyimpanan HP.
  • Jika kamu ingin memastikan apakah gambar sudah terdownload atau belum, bisa langsung cek saja ke galeri. Atau mungkin kamu juga bisa melakukan pengecekan melalui file manager dengan folder unduhan gambar.
BACA JUGA:  Download Video Tiktok Tanpa Watermark Tanpa Aplikasi

Cara Download Gambar Google Melalui Laptop atau PC

Sebagian orang mungkin ada yang lebih memilih menggunakan laptop atau PC untuk menunjang aktivitasnya. Seperti misalnya dalam mengerjakan tugas perkuliahan atau kantor yang terasa lebih nyaman ketika menggunakan laptop atau PC.

Beberapa faktor yang membuat mereka lebih nyaman seperti misalnya layarnya lebar serta mudah mengoperasikannya karena pakai tambahan mouse dan keyboard. Hal inilah juga sebagian orang lakukan ketika akan mengunduh gambar Google melalui laptop.

Baca Juga: Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Untuk lebih mudah memahami dan mengimplementasikannya, berikut ini cara download foto dari Google paling mudah.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka browser yang tersedia pada perangkat laptop atau PC mu. Kamu bisa memilih browser apa yang ingin digunakan, seperti misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan lain sebagainya.
  • Apabila browser yang kamu pakai tersebut belum terkoneksi dengan Google, maka perlu menuliskan kata kunci google.com pada kolom pencarian. Hal ini untuk lebih memudahkan dalam proses pencarian dan pengunduhan gambar nantinya.
  • Kemudian tuliskan kata kunci sesuai keinginan untuk menampilkan hasil gambar terkait nantinya.
  • Pilihlah jenis pencarian yang semula berada pada menu “semua” menjadi ke menu “gambar”. Ketika kamu memilih menu tersebut, Google akan menampilkan seluruh gambar terkait sesuai dengan kata kunci.
  • Kamu bisa memilih beragam gambar yang sesuai dengan keinginanmu. Apabila salah satu gambar sudah terpilih, maka klik kanan pada mouse dan pilihlah menu tulisan “Save image as….”.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih lokasi penyimpanan untuk gambar yang nantinya berhasil terdownload. Biasanya jika file hasil dari download Google, maka lokasi penyimpanan berada pada internal memori dengan nama folder unduhan.
  • Selesai dan kamu bisa segera membuka hasil gambar unduhan melalui Windows Explorer. Carilah gambar unduhan ke file yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Cara Menyimpan Gambar Google Tanpa Khawatir Akan Hak Cipta

Perlu kita ketahui bersama bahwa tidak semua gambar dari Google bisa didownload dengan sesuka hati. Terkadang pemilik dari suatu gambar tersebut memberlakukan hak cipta yang mana tidak sembarang orang dapat mendownloadnya.

Efek dari adanya hak cipta ini adalah kamu tak bisa seenaknya memakai gambar tersebut tanpa seizin pemilik gambar yang bersangkutan. Namun kamu tak perlu khawatir, karena sekarang ini terdapat cara mudah mengatasi permasalahan tersebut.

Baca Juga: Cara Download di Youtube Tanpa & Pakai Aplikasi Terlengkap

Kamu tidak perlu menggunakan situs atau aplikasi tambahan tertentu untuk mendownload gambar yang memiliki hak cipta. Lagi-lagi cukup dengan memanfaatkan fitur yang Google sediakan untuk pengguna, yaitu fitur creative common license.

Dengan fitur tersebut, kamu dapat bebas mengakses dan menggunakan gambar yang memiliki hak cipta. Meskipun demikian, gambar yang kamu download itu tidak boleh dipergunakan untuk kepentingan berbau komersil.

BACA JUGA:  Cara Download di Youtube Tanpa & Pakai Aplikasi Terlengkap

Apabila memang akan menggunakannya untuk kepentingan komersil, kamu perlu melakukan izin terlebih dahulu kepada pemilik gambar. Bagaimana cara menggunakan fitur creative common license, berikut kami berikan tutorial mudahnya.

  • Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah dengan membuka browser, kemudian masuklah ke alamat situs google.com.
  • Selanjutnya adalah menuliskan kata kunci pada kolom pencarian terkait gambar yang nantinya ingin kamu download.
  • Akan muncul tampilan terkait kata kunci yang kamu cari tersebut. Berikutnya adalah mengubah menu pencarian yang semula “semua” menjadi “gambar”.
  • Langkah berikutnya yaitu dengan memilih menu tools untuk segera memunculkan menu tambahan yang terdapat pada bagian bawah jenis pencarian.
  • Nantinya akan muncul beberapa tulisan pada menu tersebut dan pilihlah “usage right”.
  • Selanjutnya adalah dengan memilih fitur creative common license yang secara cepat akan menampilkan kumpulan gambar berlisensi. Kamu bisa memilih gambar sesuai dengan keinginan dan kemudian menyimpannya.
  • Untuk memulai proses penyimpanan, kamu bisa klik kanan pada gambar pilihanmu dan kemudian klik “Save image as….”. Nantinya akan muncul menu yang memberikanmu pilihan untuk menyimpan gambar tersebut pada lokasi penyimpanan tersedia.
  • Dengan demikian, semua proses sudah selesai dan kamu bisa membuka hasil download gambar dari Google melalui folder laptop milikmu.

Rekomendasi Situs atau Website Penyedia Gambar Bebas Hak Cipta

Pada dasarnya mengambil atau download gambar dari Google sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Meskipun demikian, nyatanya tetap perlu adanya tips khusus dalam mendownload gambar dari Google agar aman dan tidak terjadi suatu masalah.

Hal ini perlu kamu perhatikan karena tidak semua gambar memiliki kebebasan dalam proses download. Terdapat beberapa gambar yang sudah disetting oleh pemiliknya sehingga memiliki hak cipta. Melihat semacam ini, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah tersedia beberapa situs yang menyediakan gambar tanpa hak cipta.

Tersedianya situs penyedia gambar tanpa hak cipta tentu saja memberikan kemudahanmu untuk bebas mengakses dan menggunakannya. Berikut ini admin berikan rekomendasi situs penyedia gambardari Google tanpa hak cipta.

Flickr

Daftar rekomendasi situs penyedia gambar bebas hak cipta yang pertama adalah Flickr. Pasti sebagian orang khususnya para desainer sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Meskipun demikian, kamu tidak dapat menghilangkan watermark atau keterangan sumber dari foto tersebut.

Baca Juga: Cara Download Domino RP Mod APK Versi Terbaru 2022

Intinya adalah kamu bebas menggunakan gambar tersebut asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Terdapat berbagai gambar yang tersedia dengan lisensi Creative Commons (CC) dan ada juga yang tak berlabel (CC).

Pixabay

Situs selanjutnya adalah Pixabay yang menyediakan banyak sekali gambar maupun video bebas hak cipta. Itu artinya semua orang bebas mendownload dan menggunakan gambar maupun video yang tersedia. Tak hanya stoknya yang melimpah, kualitas foto pada situs Pixabay sangat bagus dan beresolusi tinggi.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Aplikasi Beat.ly Dengan Mudah

Hal ini karena mayoritas foto yang terdapat pada Pixabay merupakan hasil jepretan atau karya dari fotografer profesional. Selain gambar, Pixabay juga menyediakan berbagai illustrator seperti, gambar vector, video, dan lainnya yang biasanya berguna bagi para desain grafis.

Pexels

Selain kedua situs di atas, mungkin kamu perlu mencoba juga Pexels sebagai alternatif dalam mencari gambar bebas hak cipta. Tersedia banyak pilihan gambar yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kepentingan.

Kalau tidak salah, mungkin sekarang situs Pexels memiliki kurang lebih sekitar 15 ribu stok foto gratis bebas hak cipta. Sama halnya dengan Pixabay, Pexels ini memiliki kualitas foto beresolusi tinggi sehingga tampilannya pun memukau. Beberapa foto yang tersedia pada Pexels merupakan hasil karya dari para fotografer profesional.

Lifeofpix

Merupakan situs yang menyediakan beragam foto menarik untuk didownload secara gratis. Selain gratis, kamu juga dapat mendownload foto yang tersedia tanpa perlu takut adanya hak cipta. Sebab, foto yang terdapat pada Lifeofpix semuanya aman dari adanya hak cipta dan gratis, sehingga semua orang boleh menggunakannya.

Menariknya, sejak awal mengunjungi situs Lifeofpix kamu akan mendapatkan suguhan tampilan yang menyebutkan bahwa semua foto gratis bebas hak cipta. Oleh karenanya, tidak perlu khawatir dalam mengambil foto yang ada untuk kepentingan tertentu.

Freepik

Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan situs Freepik. Situs yang menyediakan berbagai macam pilihan foto secara gratis. Tak hanya itu saja, Freepik memberikan foto bebas hak cipta yang memungkinkan semua orang dapat mendownload sesuka hati.

Gambar yang tersedia juga terbagi menjadi beberapa format tertentu, seperti misalnya vector, PSD, dan illustrator. Gambar tersebut bisa kamu pakai untuk berbagai kepentingan, salah satunya sebagai bahan gambar pelengkap blog.

Stock Photos for Free

Situs berikutnya ini mungkin bisa kamu jadikan opsi kesekian jika ingin mendapatkan gambar gratis bebas hak cipta. Sebagian orang jarang memakai situs ini karena lebih memilih Pixabay, Pexels, Freepik, dan penyedia gambar gratis ternama lainnya.

Selain itu, Stocks Photos for Free juga sedikit ribet dalam mengaksesnya karena membutuhkan registrasi terlebih dahulu untuk bergabung menjadi member. Setelah tergabung menjadi member, barulah kamu bisa mengakses dan download gambar yang tersedia.

Free Range Stock

Last but not least, Free Range Stock merupakan opsi tepat untuk mendownload beragam gambar menarik secara gratis. Sama halnya dengan situs sebelumnya, Free Range Stock mengharuskanmu untuk registrasi terlebih dahulu sebelum mengakses dan download gambar.

Jika sudah berhasil registrasi, maka kamu dapat menikmati beragam stok gambar menarik tanpa harus membayarnya. Selain download, kamu juga bisa berkontribusi dengan mengirimkan hasil karya foto terbaikmu.

Baca Juga: Cara Download FF di Laptop

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang bisa SenjaNesia berikan untukmu terkait cara download foto dari Google, baik melalui HP maupun laptop/PC. Untuk lebih aman, sebaiknya download gambar yang tidak memiliki hak cipta sehingga bebas dalam menggunakannya. Atau jika tetap ingin memilih gambar berlisensi, kamu bisa menerapkan cara mudah yang sudah admin bagikan tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *