Cara Mematikan Laptop Error yang Aman dan Praktis

Cara Mematikan Laptop

Laptop error merupakan situasi yang menjengkelkan ketika sedang mengerjakan tugas penting. Perlu diingat untuk tidak sembarangan dalam mematikan atau menghidupkan kembali (restart) laptop. Terdapat cara mematikan laptop yang error dengan aman dan benar.

Mengetahui cara mematikan laptop yang aman dan benar dapat mengurangi faktor penyebab rusaknya laptop. Selain menggunakan kursor kemudian memilih ikon “Power”, mematikan laptop yang error juga dapat dilakukan dengan cara mematikan laptop dengan keyboard.

9 Cara Mematikan Laptop Error 

Jika laptop mengalami error, mematikan laptop dengan keyboard dapat menjadi solusi. Selain itu, terdapat juga cara lain untuk mematikan laptop jika error atau kendala pada laptop masih memungkinkan untuk menggerakan kursor dan menekan pilihan pada taskbar. 

Baca Juga: Cara Cek HP Disadap Anti Ribet

Apakah tips ini dapat digunakan sebagai cara mematikan laptop dengan keyboard windows 10 atau versi windows lainnya? Tentu saja bisa! Berikut beberapa cara mematikan laptop yang error.

1. Kombinasi Tombol Alt + F4

Cara pertama untuk mematikan laptop yang error dengan keyboard adalah dengan menekan tombol Alt dan F4. Kombinasi tombol Alt + F4 akan menutup jendela atau program yang sedang kamu jalankan. 

Kemudian jika menekan kombinasi tombol Alt + F4 pada tampilan layar desktop, maka akan muncul pilihan untuk mematikan laptop. Pilih opsi “Shutdown” mematikan laptop.

2. Kombinasi Tombol Ctrl + Alt + Del

Cara mematikan laptop dengan keyboard windows 10 atau versi windows adalah dengan menggunakan kombinasi 3 tombol Ctrl + Alt + Del. Shortcut keyboard ini akan menampilkan berbagai opsi seperti Lock, Switch User, Change a Password, dan lainya.

Carilah ikon “Power” pada bagian pojok kanan bawah halaman atau layar untuk menonaktifkan laptop. Klik pada ikon tersebut dan pilih “Shutdown”, maka laptop akan ternonaktifkan.

3. Kombinasi Tombol Windows + X

Kombinasi tombol selanjutnya untuk mematikan laptop yang error adalah tombol Windows + X. Tekan tombol Windows (tombol dengan ikon/gambar jendela) bersamaan dengan tombol huruf X. 

Setelah itu akan muncul beberapa opsi dan pilih “Shutdown” dengan kursor kemudian tekan tombol “Enter” untuk memproses perintah. Laptop akan ternonaktifkan dengan aman.

4. Kombinasi Tombol Windows + U + U

Kombinasi tombol ini juga menggunakan tombol Windows dan digunakan untuk mematikan laptop ketika mengalami error. Shortcut keyboard Windows + U + U dapat digunakan untuk mematikan laptop yang kursornya tidak dapat digerakan.

Tekan tombol Windows dan tombol huruf U sebanyak 2 kali, maka laptop akan otomatis menerima perintah Shutdown

5. Hanya dengan Tombol Windows

Cara mematikan laptop dengan keyboard windows 10 atau versi windows lainnya yang lebih mudah dan tanpa kombinasi tombol adalah dengan menekan tombol Windows saja.

Tekan tombol Windows untuk membuka jendela menu yang berada di pojok kiri bawah (dulu dikenal dengan menu Start, sekarang hanya ikon Windows). Lalu pilih ikon “Power” dengan menggunakan tombol Arrow, tekan Enter dan pilih opsi “Shutdown”.

6. Klik Kanan pada Icon Windows

Cara mematikan laptop windows 10 dan versi windows lainnya yang satu ini dapat dilakukan jika taskbar tidak ikut terkena kendala atau efek error laptop, serta kursor masih bisa dioperasikan dengan mouse.

Gerakan kursor menuju ikon Windows di pojok kiri bawah layar atau pada bagian paling kiri taskbar. Klik kanan pada ikon Windows maka akan muncul beberapa opsi perintah. Pilih “Shutdown or Sign Out”, lalu pilih “Shutdown” untuk mematikan laptop.

7. Menekan Langsung Tombol Power

Cara ini dapat dilakukan jika kursor dan keyboard tidak dapat digunakan atau dioperasikan. Dan perlu diingat cara ini tidak disarankan untuk dilakukan kecuali jika kondisi perangkat keras pendukung laptop, seperti mouse dan keyboard, benar-benar tidak bisa digunakan.

Cara mematikan laptop yang satu ini biasa disebut sebagai “Cara Orang Panik”, yakni langsung menekan tombol “Power” hingga layar laptop mati. Tombol “Power” yang ditekan adalah tombol yang sama yang digunakan untuk menyalakan atau mengaktifkan laptop.

Biasanya perlu waktu yang agak lama ketika menekan tombol “Power” untuk menonaktifkan laptop hingga layarnya mati. Dan juga cara ini tidak membuat laptop menjadi mati (Shutdown) melainkan masuk ke dalam mode tidur (Sleep).

Tetapi ada cara untuk mengubah perintah tombol “Power” agar menjadi shutdown yang akan dijelaskan di poin selanjutnya.

8. Mengubah Perintah Tombol Power

Perintah default tombol “Power” pada laptop atau perangkat berbasis Windows adalah sleep. Terdapat cara untuk mengubah perintah tombol “Power” agar berubah menjadi shutdown. Cara ini dapat digunakan sebagai antisipasi ketika laptop mengalami error atau hang.

  • Buka menu “Pengaturan”, kemudian pilih opsi “Control Panel”.
  • Tekan pilihan “Hardware and Sound”.
  • Cari dan pilih opsi “Power Option”.
  • Kemudian ubah setelan tombol Power dari “Sleep” ke “Shutdown”.

9. Melepas Baterai Laptop

cara mematikan laptop windows 10 dan versi windows lainnya yang terakhir ini adalah cara yang sangat tidak dianjurkan ketika ingin mematikan laptop yang error karena akan berefek pada kondisi laptop. 

Cara ini menjadi opsi terakhir jika semua cara mematikan laptop pada poin sebelumnya tidak bisa bekerja. Melepas baterai laptop akan memutus daya atau energi laptop sehingga laptop akan mati. 

Perlu diingat bahwa sering mencabut baterai laptop akan berdampak pada kerusakan beberapa komponen laptop.

Pentingnya Memperhatikan Kondisi dan Kinerja Laptop

Itulah 9 cara mematikan laptop windows 10 dan versi windows lainnya yang mengalami error. Jika kamu masih harus berkutat dengan spek laptop yang rendah, selalu perhatikan kondisi laptop dan ketahui cara mematikan laptop yang error dengan aman dan benar. 

Jangan terlalu banyak membuka jendela/halaman, serta jangan menjalankan banyak aplikasi atau program secara bersamaan. Hal tersebut akan mempengaruhi kinerja laptop dan membuat kinerja laptop lambat serta mudah error.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Zoom di HP

Sekian pembahasan cara mematikan laptop dengan aman, benar, dan mudah. Sekarang kamu tidak perlu panik lagi jika laptop kamu mengalami error atau hang. Dari 9 cara tersebut, cara mana menurutmu yang paling mudah? Silakan dicoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.