Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi – Membuat dokumen dimana saja dan kapan pun merupakan impian setiap orang.

Dulu membuat dokumen minimal kita harus memiliki laptop atau perangkat komputer melalui program officenya yang mahal. Namun kini dengan menggunakan HP Android saja Anda pun bisa melakukannya.

Terlebih kini, kebijakan bekerja dan belajar online dari rumah yang masih diterapkan oleh beberapa instansi, perkantoran, dan lembaga pendidikan saat ini, mau tak mau membuat sebagian besar pekerjaan dan tugas-tugas pun dialihkan dalam bentuk digital.

File PDF (Portable Document Format) merupakan salah satu format yang paling sering banyak dipakai dan digunakan untuk membuat dokumen tugas-tugas dan pekerjaan. (Baca Juga: Cara Instal dan Registrasi Dapodik 2022)

Nah, bagi yang belum tahu, Anda juga bisa lho membuatnya di HP Anda tanpa aplikasi tambahan apapun. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi-aplikasi pembuat PDF yang bikin penuh memori HP Anda.

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini SenjaNesia akan membagikan tips dan tutorial cara membuat pdf di hp tanpa aplikasi secara mudah. Simak Yuk!

Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

Cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi tambahan ini dapat dilakukan, jika Anda sudah memiliki dokumen mentahan berupa File Word, Excel, Foto, atau lainnya.

Jika Anda telah memiliki file mentahnya, Anda dapat langsung membuat PDF di HP tanpa aplikasi menggunakan situs Smallpdf.

Nah, berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pertama silahkan Anda buka aplikasi browser di HP (bisa melalui Google Chrome, Mozilla, atau Safari, dll)
  2. Kemudian, silahkan Anda masuk ke situs Smallpdf
  3. Di halaman awal Smallpdf terdapat beberapa pilihan format dokumen yang bisa dibuat menjadi PDF, seperti PPT, Word, Excel, JPG, dan lainnya.
  4. Kemudian unggah file dengan ketuk Choose Files untuk mendapatkannya di memori internal HP kamu.
  5. Smallpdf juga memberikan opsi lain untuk mengunggah file yang ada di Google Drive atau Dropbox.
  6. Tunggu hingga proses selesai, dan file PDF pun bisa langsung diunduh ke HP Anda.

Mudah kan? dengan begitu akan memudahkan pekerjaan kalian dikantor atau tugas sekolah dan kuliah Anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan Reface App Gratis 2021

Akhir Kata

Itulah tutorial cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi dengan mudah yang bisa Anda kerjakan. semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.