Cara Memindahkan Foto dari Hp ke Laptop

Di zaman digitalisasi, foto merupakan sebuah kebutuhan yang penting karena dengan foto kamu bisa mengabadikan momen-momen penting. Akan tetapi dengan banyaknya foto di hp tentu akan menguras memori internal HP kita menjadi cepat penuh. Lantas, bagaimana cara memindahkan foto di HP ke Laptop?

Terbatasnya memori internal yang ada di HP, maka memori HP menjadi penuh. Nah, untuk solusinya kamu bisa menggunakan microSD untuk menambah daya tampung file yang ada di HP. Hal itu pun masih saja tidak cukup.

Jadi, kamu bisa memindahkan semua atau sebagian file penting seperti foto ke laptop kita. Hal itu bisa membuat memori HP menjadi tidak penuh. Namun buat kamu yang ingin mentransfer atau memindahkan file penting dari HP, kali ini SenjaNesia telah siapkan berbagai cara untuk transfer file dari HP menuju laptop dengan mudah, aman dan praktis. Pokoknya dijamin Anti Ribet deh!

1. Memindahkan Foto dari HP ke Laptop dengan Kabel Data

Kamu dapat menggunakan kabel data atau kabel USB sebagai cara memindahkan foto dari hp ke laptop. 

Berikut ini merupakan cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan kabel data yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Cara Screenshot Di Laptop Anti Ribet untuk Berbagai Tipe

Pertama, sambungkan kabel data atau kabel USB ke hp dan laptop yang kamu miliki.

Jika telah tersambung kemudian kamu pilih Mentransfer File.

Kemudian kamu cari di laptop mu perangkat yang telah disambungkan, yakni hp yang kamu miliki.

Selanjutnya pilih Phone atau Perangkat Internal atau SD Card (bila kamu menyimpan foto-foto tersebut di microSD).

Lalu pilih folder yang berisi foto-foto yang ingin kamu pindahkan ke laptop.

Setelah itu, pilih foto yang ingin kamu pindahkan.

Kemudian, pilih Copy dengan mengklik Ctrl + C atau klik kanan lalu pilih Copy untuk menyalin foto yang ingin kamunpindahkan.

Lalu, pilih Paste dengan mengklik Ctrl + V atau klik kanan lalu pilih Paste untuk menempelkan foto di folder laptop kamu.

Terakhir, foto dari hp sudah berhasil dipindahkan ke laptop mu.

2. Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop Tanpa Kabel Data

Selain memakai kabel data atau kabel USB, kamu juga dapat memindahkan foto dari hp ke laptop dengan tanpa menggunakan kabel data. Nah dibawah ini adalah beberapa cara memindahkan foto dari hp ke laptop tanpa kabel data.

Menggunakan Flashdisk OTG

Kamu tentunya sudah mengenal dengan apa itu flashdisk OTG. Flashdisk ini memiliki dua port yang berbeda, yaitu port ke laptop dan port ke hp. Berikut cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan flashdisk OTG.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Error yang Aman dan Praktis

Pertama masukkan port OTG ke hp yang kamu punyai. Dan jika sudah tersambung, pilih file foto yang ingin kamu pindahkan.

Setelah itu, pilih Pindahkan ke flashdisk OTG yang kamu miliki.

Jika berhasil, cabut port OTG dari hp kamu. Lalu pasang port flashdisk ke laptop yang kamu miliki.

Dan jika sudah tersambung, pilih file flashdisk OTG kamu dan cari foto-foto yang tadi dipindahkan.

Kemudian, pilih foto-foto tersebut, klik Copy dan pindahkan ke file di laptop milikmu.

Terakhir, Foto-foto dari hp yang kamu punyai pun berhasil dipindahkan ke laptop.

Dengan menggunakan Aplikasi

Kamu juga dapat menggunakan berbagai aplikasi media sosial di laptop untuk memindahkan foto dari hp ke laptop. Terlebih lagii, banyak situs aplikasi dan aplikasi khusus laptop yang dapat diunduh ke laptop yang kamu punyai. Dibawah ini adalah cara yang harus kamu ikuti untuk memindahkan foto melalui aplikasi dari hp ke PC:

Pertama, silahkan kamu kirim foto-foto yang ingin kamu pindahkan ke laptop melalui aplikasi media sosial yang ada di hp mu dengan chat tersimpan atau chat dari akun lain.

Setelah itu, buka aplikasi media sosial yang kamu punyai atau situs media sosial.

Lakukan login pada akun tersebut. Dan jika berhasil, pilih chat tersimpan atau chat dari akun lain yang telah dikirimkan foto-foto dari hp mu.

Setelah itu, download foto-foto tersebut.

Secara otomatis, foto-foto tersebut tersimpan di laptop milikmu.

3. Transfer Foto dari HP ke Laptop menggunakan Bluetooth

Saat ini, sudah banyak laptop yang telah dibekali fitur Bluetooth. Maka dari itu, memindahkan file-file seperti foto sangat mudah dilakukan. Berikut cara memindahkan foto dari hp ke laptop dengan Bluetooth yang dapat kamu lakukan.

Pertama silahkan Aktifkan fitur Bluetooth di hp. kemudian silahkan juga Aktifkan fitur Bluetooth di laptop yang kamu miliki tersebut.

Setelah itu kamu bisa pilih Receive a File. Kemudian silahkan kamu Buka file hp dan cari foto-foto yang ingin di pindahkan.

Langkah berikutnya, silahkan kirim melalui Bluetooth dan pilih nama laptop.

Akan ada pop up mengenai kiriman file, pilih Terima. Perhatikan juga foto-foto tersebut akan disimpan di file laptop mana.

Tunggu hingga selesai. Foto-foto yang kamu punyai pun berhasil dipindahkan dari hp ke laptop.

4. Menggunakan Shareit

Cara selanjutnya adalah dengan aplikasi, salah satunya menggunakan aplikasi ShareIt. Aplikasi yang satu ini dapat dengan mudah mentransfer data.

Kamu harus mendownload aplikasi ini di laptop dan di HP supaya dapat saling terhubung dan dapat mentransfernya  dengan mudah.

Pastikan di laptop mengaktifkan aplikasi ShareIt juga agar bisa terdeteksi untuk pengiriman filenya.

Pertama, klik Galeri Foto di HP. Selanjutnya pilih foto yang ingin dikirimkan. Klik Berbagi di bagian kiri bawah.

Scroll ke bawah dan klik Bagikan ke PC dengan ikon aplikasi ShareIt. Selanjutnya tunggu hingga prosesnya selesai.

Kalau mau yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan bluetooth juga seperti langkah diatas ya. Tapi pastikan PC kamu mempunyai fitur bluetooth supaya bisa mentransfer foto tersebut.

5. Menggunakan Google Drive, OneDrive, DropBox

Menggunakan cloud storage, seperti Google Drive, OneDrive dan DropBox sebagai cara transfer foto dari HP ke laptop.

Untuk memakai cara ini, kamu diharuskan untuk menghubungkan internet ke HP maupun komputer yang akan digunakan.

Berikut adalah cara memindah foto dari HP ke laptop menggunakan Google Drive:

Pertama buka Gallery Foto di HP tersebut. Kemudian pilih foto yang ingin dipindahkan ke Google Drive. Klik Berbagi di kiri bawah.

Selanjutnya, scroll ke bawah dan pilih opsi Simpan ke Drive. Setelah itu, kamu bisa memilih akun untuk menyimpan foto yang ingin dipindahkan ke Google Drive. Atau kamu bisa mengubah folder penyimpanannya. Jika sudah, klik Simpan.

Tunggu hingga prosesnya selesai. Selesai.

Kalau sudah, buka Google Drive di PC lalu unduh semua foto yang sudah disimpan via HP tersebut.

Cara ini sangat disarankan, karena foto akan di-backup juga di Google Drive.

6. Kirim Via Email

Untuk mindahin foto dari HP ke laptop selanjutnya adalah dengan mengirimkan datanya via Email. Kalau mau pakai cara ini, pastikan HP dan PC kamu sudah terhubung ke internet.

Selain itu kamu juga harus perhatikan format file yang didukung agar bisa dikirimkan lewat aplikasi tersebut. Salah satunya mengatur size dari semua file yang akan dikirimkan. Caranya adalah sebagai berikut:

Pertama, buka aplikasi Gmail di HP. Kemudian klik Tulis pada layar beranda email. Setelah itu klik ikon seperti Paper Clip.

Kemudian setelah itu klik Lampirkan File. Lalu pilih foto atau file yang sudah di compress apa yang ingin dikirimkan. Masukkan alamat email yang telah terhubung di laptop. Lalu klik Kirim.

Jika sudah, kamu bisa mengunduh semua foto atau file yang telah dikirimkan melalui PC yang digunakan. Kalau size terlalu besar hingga lebih 25MB, lakukan compress semua file menjadi RAR atau ZIP.

Baca Juga: Cara Merekam Layar Laptop Dengan atau Tanpa Aplikasi

Akhir Kata

Demikianlah tutorial dari SenjaNesia mengenai cara memindahkan foto dari hp ke laptop menggunakan kabel data atau kabel USB, tanpa kabel data atau kabel USB, serta menggunakan Bluetooth yang perlu kamu ketahui.

Melalui cara memindahkan foto dari hp ke laptop di atas, Kamu tak hanya bisa memindahkan foto saja, namun juga dapat memindahkan file lain seperti video dan berkas dokumen. Jadi bagaimana, sudah tidak bingung lagi kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.