Cara Screenshot Di Laptop Anti Ribet untuk Berbagai Tipe

Cara Screenshot Di Laptop

Terkadang Anda kesulitan dalam mengambil cuplikan suatu moment atau hal yang penting pada layar laptop. Maka Anda harus paham mengenai cara screenshot di laptop menggunakan fitur screenshot atau tangkap layar yang tersedia. 

Mengambil screenshot atau tangkap layar merupakan sebuah cara cepat, simple dan mudah untuk menangkap lalu menyimpan sebagian atau keseluruhan tampilan pada layar perangkat yang digunakan.

5 Cara Screenshot Di Beberapa Tipe Laptop

Screenshot dapat menyimpan tampilan layar menjadi sebuah gambar, mulai dari tampilan game atau sebuah gambar di sosmed yang ingin Anda bagikan ke sahabat maupun teman. Hal tersebut dapat dengan mudah tersimpan di arsip komputer tanpa ribet dan juga sangatlah simple.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi di Laptop dengan Praktis

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui cara screenshot di laptop. Padahal ada banyak cara untuk melakukannya, Anda dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi. Berikutnya beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengambil tangkap layar pada beberapa tipe laptop

1. Windows 10

Anda pengguna windows 10? Kini melakukan screenshot pada sistem operasi ini lebih mudah dengan adanya aplikasi snipping tool. Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan screenshot tanpa menggunakan aplikasi, yaitu melalui trik kombinasi tombol pada keyboard.

Berikut cara screenshot di laptop windows 10 menggunakan snipping tool.

  • Buka aplikasi snipping tools melalui laptop windows 10 Anda
  • Setelah terbuka Anda dapat menyesuaikan bentuk screenshot yang Anda inginkan. Anda juga dapat memilih screenshot pada menu mode, dengan beberapa macam bentuk yang tersedia seperti full screen, persegi panjang sampai bentuk bebas atau custom.
  • Jika Anda ingin mengambil screenshot maka dapat melakukan Klik New maka layar laptop akan ngefreeze atau membeku secara otomatis.
  • Kemudian gerakkan kursor pada bagian yang diinginkan untuk mulai mengambil screenshot
  • Setelah proses pengambilan layar maka Anda akan dibawa pada tampilan jendela baru snipping tool hasil screenshot.
  • Jendela baru berfungsi untuk mengunjungi screenshot. Setelah semua proses tadi selesai Anda tinggal melakukan Klik Save atau menggunakan Ctrl dan S untuk menyimpan hasil screenshot di bagian folder laptop Anda.

Cara screenshot di laptop yang simple anda dapat menggunakan kombinasi tombol seperti penggunaan tombol windows + PrtSc dan penggunaan kombinasi tombol windows + Shift + S.

2. Asus

Pada laptop asus ini Anda dapat melakukan screenshot dengan cara menekan kombinasi tombol Fn + PrtSc. Dengan penggunaan tombol kombinasi Fn + PrtSc ini merupakan cara yang simple yang dapat anda lakukan hanya dengan menekan tombol Fn + PrtSc.

Kemudian jika hal itu sudah dilakukan, dapat langsung mulai menggunakan aplikasi pendukung seperti whatsapp kirim gambar atau aplikasi edit gambar yang biasanya tersedia pada laptop asus. 

Baca Juga: Cara Merekam Layar Laptop Dengan atau Tanpa Aplikasi

Hal tersebut digunakan menempelkan hasil screenshot kemudian baru anda dapat menyimpan hasil screenshot tadi pada folder laptop. Setelah itu Anda dapat melakukan tekan paste atau tekan tombol kombinasi Ctrl + V kemudian gambar hasil tadi akan muncul pada aplikasi tersebut. 

Selain itu Anda juga dapat menekan tombol Ctrl + S atau save yang menginginkan gambar langsung tersimpan dengan mudah. Itu merupakan cara screenshot di laptop secara mudah bagi pengguna asus.

3. Lenovo

Pada laptop lenovo terdapat beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar. Salah satunya cara screenshot di laptop menggunakan tombol Prtsc, yaitu dengan menyiapkan layar terlebih dahulu yang ingin Anda screenshot.

Kemudian tekan tombol PrtSc yang biasanya terletak pada bagian bawah kanan keyboard laptop lenovo. Setelah itu, Anda dapat menggunakan aplikasi paint aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang ada pada semua laptop. 

Lalu, paste atau menekan tombol kombinasi Ctrl + V untuk meletakan hasil tangkap layar. Setelah itu Anda dapat mengedit dulu atau langsung anda simpan dengan cara save atau klik tombol kombinasi Ctrl + S dan pilihan penyimpanan pada folder yang diinginkan.

4. Windows 7

Pengguna laptop windows 7 juga dapat melakukan screenshot di laptop dengan mudah dengan cara sebagai berikut.

  • Tekan tombol PrintScreen atau tekan kombinasi tombol Fn + Insert.
  • Kemudian buka dokumen yang Anda inginkan, atau Anda dapat mebuat dokumen yang baru.
  • Bagian terakhir, Anda hanya menempelkan hasil tangkapan layar dengan cara tekan tombol Ctrl + V atau pilih paste pada menu buka bagian bawah. Anda juga dapat mengedit hasil tangkapan layar menggunakan tombol edit yang terdapat di bagian menu bawah.

5. Dell 

Pada laptop Dell Anda dapat melakukan tangkapan layar tanpa menggunakan snagit yaitu sebagai berikut:

  • Tekan logo windows dan tombol PrtSc pada keyboard Anda.
  • Buka fitur Explorer kemudian tekan tombol logo windows tadi dan E pada keyboard secara bersamaan.
  • Langkah terakhir buka file yang bertuliskan screenshot pada folder maka kamu akan menemukan hasil screenshotnya.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Error yang Aman dan Praktis

Menangkap layar menggunakan beberapa cara screenshot di laptop terbilang cukup mudah bahkan bagi pemula. Banyak kelebihan yang dapat Anda nikmati ketika sudah bisa menggunakan fitur screenshot yang ada di laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.