Cara Tarik Data Siswa Baru Dapodik 2022

Cara Tarik Data Siswa Baru Dapodik 2022

Cara Tarik Data Siswa Baru Dapodik 2022 – Buat kalian yang sedang mencari informasi dan panduan mengenai cara tarik data siswa baru dapodik 2022 , maka simak artikel ini secara detil. Sebab, kami akan membahasnya secara detail dan lengkap.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kelulusan bersama di tingkat akhir di jenjang pendidikan semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Proses kelulusan secara otomatis semacam ini tentu saja mempermudah dan mempercepat kinerja satuan pendidikan yakni operator sekolah.

Tidak itu saja, manfaat yang lain yang bakal didapat merupakan dapat menghindari terjadinya kesalahan dalam meluluskan peserta didik.

Walau semuanya dilakukan secara otomatis, tetapi satuan pendidikan masih dapat berkoordinasi dengan dinas pendidikan dengan tujuan untuk melakukan pengajuan pembatalan kelulusan yang dinyatakan tidak lulus.

Tetapi hal yang perlu dimengerti untuk Proses Tambah Peserta Didik atau Tarik Peserta Didik Baru pada aplikasi Dapodik 2022 dilakukan dengan online dan secara otomatis data peserta didik akan masuk setelah operator sekolah melakukan sinkronisasi dengan pihak dinas pendidikan menggunakan aplikasi Dapodik ini.

Jika kalian tidak ketahui bagaimana caranya jadi tidak perlu cemas, karena kami akan memberikan informasi cara tarik siswa baru Dapodik 2022 secara tepat dengan mudah.

Cara Tarik Data Siswa Baru Dapodik 2022

Kalian dapat melakukan penarikan data siswa baru saat sebelum menginstal Dapodik 2022 secara offline atau online. Ini bisa memudahkan kalian supaya data beberapa siswa baru itu dapat muncul di Dapodik 2022.

Baca Juga: Cara Cek No Referensi BRI

Jika kalian telah menginstal Dapodik 2022 sebelum melakukan data, karena itu kalian dapat melakukan sinkronisasi data. Sinkronisasi data diperlukan supaya aplikasi Dapodik 2022 kalian dilengkapi dengan data siswa didik yang baru mendaftar.

Panduan Cara Tarik Data Peserta Didik Baru ke Dapodik 2022

Proses penarikan data siswa baru ke Dapodik 2022 ini tidak susah. kalian dapat melakukan proses penarikan data siswa baru lewat situs resmi Dapodik 2022. Seharusnya kalian melakukan penarikan data murid baru sebelum kalian menginstal Dapodik 2022.

Baca Juga: Cara Download Sertifikat Vaksin di Aplikasi Pedulilindungi

Berikut sebagai cara menarik data murid baru ke Dapodik 2022:

  • Masuk ke situs Dapodik yang berada di https://sso.datadik.kemdikbud.go.id/.
  • Pencet tombol Login menggunakan SSO, masukan username dan password akun Dapodik kalian, lalu pencet tombol Masuk.
  • Click menu Aplikasi, lalu pencet tombol PD Baru untuk melakukan penarikan data peserta didik baru.
  • Scroll kebawah, isi provinsi, kab/kota, kecamatan, nama sekolah, dan tahun lulus dari peserta didik yang bakal ditarik datanya.
  • Click tombol Tampilkan, lalu ubah Show 10 entries jadi Show 100 entries untuk memudahkan kalian.
  • Akan ada daftar peserta didik yang dapat kalian tarik. Centang peserta didik baru yang mendaftar ke sekolah kalian.
  • Ingat, tidak boleh mencentang siswa yang tidak terdaftar sebagai peserta didik baru. Oleh karenanya kalian harus mengecek dengan cermat siswa yang bakal kalian tarik.
  • Pencet tombol Daftarkan, selanjutnya kalian dapat pencet tombol Tutup.
  • Proses tarik data siswa baru Dapodik 2022 sudah selesai.

Seperti itu cara menambahkan data siswa baru ke aplikasi Dapodik 2022. Menarik data siswa baru ke aplikasi Dapodik 2022 ini benar-benar mudah, akan tetapi dibutuhkan ketelitian yang tinggi. Janganlah sampai kalian melakukan salah tarik data siswa baru Dapodik 2022.

Baca Juga: Cara Instal dan Registrasi Dapodik 2022

Akhir Kata  

Itulah panduan penarikan data siswa baru di aplikasi Dapodik 2022. Dan mudah-mudahan saja tutorial cara tarik data siswa (peserta didik) baru Dapodik 2022 yang kami berikan ini kali dapat berguna untuk kalian dan operator sekolah lainnya. Selamat mempraktikkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.