Kenapa Aplikasi Pedulilindungi Tidak Bisa Dibuka

Kenapa Aplikasi Pedulilindungi Tidak Bisa Dibuka?

Kenapa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka? Hal ini tentunya menjadi pertanyaan yang acapkali dilontarkan oleh masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Pedulilindungi memanglah tergolong baru saja dirilis oleh Kominfo dengan tujuan untuk menanggulangi penyebaran virus corona hanya dengan menggunakan smartphone kalian.

Walapun baru dirilis, tapi banyak pengguna yang mengalami masalah pada aplikasi ini. Salah satu masalah yang paling banyak dialami adalah aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka.

Lantas, apa sih yang yang menjadi penyebab kenapa aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka? Bagaimana cara untuk mengatasinya?

Simak pembahasan kali ini untuk ketahui detail tentang aplikasi Pedulilindungi error alias tidak bisa dibuka dan cara mengatasi hal tersebut dibawah ini.

Kenapa Aplikasi Pedulilindungi Tidak Bisa Dibuka?

Kalian harus paham bahwa ada beberapa hal yang menjadi penyebab aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka. Nah, dibawah ini adalah yang menyebabkan aplikasi ini tidak bisa dibuka:

Kesalahan Dalam Proses Daftar Akun

Pada saat melakukan proses pendaftaran akun di aplikasi Pedulilindungi, kalian harus memastikan bahwa semuanya telah sesuai dengan petunjuk. Hal ini dikarenakan, jika terjadi kesalahan pada proses pendaftaran tidak menutup kemungkinan kalian tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Lupa Menghidupkan Bluetooth dan Koneksi Internet

Perlu kalian ketahui bahwa untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kalian harus mengaktifkan bluetooth dan koneksi internet.

Baca Juga: Cara Mengatasi Invalid Signature Aplikasi Pedulilindungi

Bluetooth ini berfungsi untuk merekam informasi yang dibutuhkan dan sebagai pertukaran data dengan gadget lain dalam radius bluetooth. Dengan demikian, aplikasi ini bisa mendeteksi apakah kalian sedang berdekatan dengan orang yang positif covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pengawasan(ODP), atau orang yang normal dan tidak terpapar covid-19.

Terjadi Bug Atau Eror Pada Aplikasi Pedulilindungi

Karena aplikasi ini masih tergolong baru sehingga kemungkinan besar yang menyebabkan aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka adalah terjadi Bug Atau Eror. Apabila benar terjadi Bug maka bisa dibilang aplikasi ini belum seutuhnya sempurna dan memerlukan perbaikan dari developer aplikasi.

Cara Mengatasi Aplikasi Pedulilindungi Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka, berikut ini adalah cara untuk mengatasi yang menjadi penyebab kenapa aplikasiPedulilindungi Tidak Bisa Dibuka:

  • Lakukan pendaftaran akun dengan benar
  • Aktifkan bluetooth dan pastikan koneksi internet lancar
  • Lakukan update aplikasi Pedulilindungi di Google Play store
  • Muat Ulang

Setelah berhasil mengatasi kenapa aplikasi PeduliLindungi Tidak bisa dibuka atau error, maka kalian bisa simak cara menggunakannya dibawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi PeduliLindungi.
  • Login dengan nomor telepon yang sudah didaftarkan.
  • Setelah login, kalian akan dibawa ke tampilan awal aplikasi yang berisi menu Pendaftaran Vaksin, Scan QR Code, Teledokter, Info Penting, Diary Perjalanan, dan Paspor Digital.
  • Untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan, klik tombol Paspor Digital.
  • Akan muncul dua sub-menu, yaitu Sertifikat Vaksin dan Hasil Test Covid-19.
  • Klik sub-menu Sertifikat Vaksin untuk menunjukkan sertifikat bukti vaksinasi Covid-19 Klik sub-menu Hasil Test Covid-19 untuk menunjukkan bukti hasil tes Covid-19 yang telah dilakukan.

Cara Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi

  • Buka Aplikasi PeduliLindungi dan lakukan login
  • Klik menu Scan QR Code, kemudian scan QR Code yang ada di lokasi pintu masuk.
  • Tunjukkan hasil QR Code kalian ke petugas.
  • Hasil pemindaian akan menunjukkan apakah kalian diizinkan mal atau tidak.
  • Warna hijau berarti kalian diperbolehkan masuk, jika muncul warna kuning, petugas akan melakukan verifikasi ulang. Sementara jika berwarna merah, kalian dipastikan tidak akan diizinkan masuk oleh petugas.

Baca Juga: Cara Download Sertifikat Vaksin di Aplikasi Pedulilindungi

Akhir kata

Nah, itulah sedikit pembahasan dari SenjaNesia mengenai tips kenapa aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibuka dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Sekian, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian dan terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *